Skip to main content

Site Link Di Hasil Pencarian

Site Link di Hasil Pencarian - "Site link bukan sekedar fenomena situs web / blog" di kalangan blogger sitelink situs atau site link di laman hasil pencarian menyerupai google search menjadi pembahasan hangat, hal ini saya sampaikan menurut banyak nya pencarian keyword "Site Link di hasil pencarian" pada 4/24/2018. Sebenar nya apa yang dimaksud dengan sitelink serta apa kegunaan dan manfaat site link situs itu? Berikut ini saya sajikan artikel hasil analisa situs terkait fenomena sitelink situs di hasil pencarian "google".
Site link bukan sekedar fenomena situs web  Site Link di Hasil Pencarian
Site link di hasil pencarian

Pengertian dan Manfaat Site Link (Sitelink)

Secara bahasa site link sanggup kita artikan sebagai "Link situs" berasal dari dua suku kata yaitu (site = situs) dan (Link = link, tautan atau url), Secara global pengertian site link ialah link-link terkait yang di tampilkan pada laman hasil pencarian menyerupai google search. Sitelink yang muncul pada laman hasil pencarian umum-nya merupakan link / url laman yang paluler (sering dilihat) dari situs tersebut. Site link bermanfaat / berfungsi sebagai navigasi situs pada laman hasil pencarian yang tujuan nya ialah untuk memudahkan pengguna google menelusuri suatu situs.

Nah kini kita sudah mengertikan apa yang dimaksud dengan site link (Sitelink)! namun itu belum cukup sobat blogger, kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai site link supaya wawasan kita semakin luas wacana sitelink di hasil pencarian, tapi sebelum nya jangan lupa follow situs saya supaya kau sanggup kiriman e-mail informasi terbaru dari situs ini.

Ciri tetap Sitelink website / blogger

Sitelink hanya muncul di laman hasil pencarian dikala pengguna menelusuri nama situs atau url home situs teladan nya pencarian dengan memakai keyword "detik" dan "www.detik.com", Penelusur "Google" akan menampilkan site link atau link terkait yang terkenal lainnya dari situs tersebut, ciri site link lain-nya ialah lebih menjorok kedalam di bandingkan url home situs.

Analisa terkait site link situs

Saya sangat mengerti bahwa kau mungkin ingin mendapat tanggapan yang lebih akurat wacana site link=sitelink situs. Dibawah ini ulasan lengkap mengenai sitelink berdasrkan analisa dari situs yang berbeda yang saya kelola (kembangkan).
  1. Nama situs menghipnotis kesempatan mendapat site link dari google, nama situs yang terdiri lebih dari dua suku kata terpisah akan sulut mendapat site link
  2. Struktur data situs (template) yang tidak cukup (masih berantakan) cenderung kehilangan kesempatan mendapat site link dan tergolong belum rampung.
  3. Popularitas situs belum memadai? (.... tanda tanya).
Untuk memperkuat hasil analisa yang saya sampaikan pada artikel ini mari kita simak sebentar saja gambar berikut ini.
Site link bukan sekedar fenomena situs web  Site Link di Hasil Pencarian
Site link di hasil pencarian
Situs pertama yaitu http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/ kalau ditelusuri dengan judul/nama situs secara terpisah "tukang listrik batam" maka tidak ada sitelink di hasil pencarian, akan tetapi kalau di telusuri dengan url "tukanglistrikpulaubatam" maka akan muncul 6 sitelink (link terkait) sekaligus dan kalau ditelusuri dengan url penuh "tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com" google menampilkan sitelink hingga 8 link terkait.

Sebaliknya pada situs nomer 2 yaitu "borisinil.blogspot.com" merupakan situs blog gres dan belum mempunyai tag link popular di serp kalau ditelusuri dengan nama situs "borisinil" akan muncul sitelink 4-6 site link (link terkait) di laman hasil pencarian.

Dari kedua teladan diatas sanggup kita simpulkan bahwa nama domain dan judul (nama situs) sangat menghipnotis situs untuk mendapat site link dari google dan problem popularitas situs mungkin juga sedikit menghipnotis namun kalau dinilai dari hasil analisa diatas maka popularitas menghipnotis site link akan terbantahkan. Lalu bagaimana dengan markup atau stuktur data situs (stuktur data template)? kedua situs tersebut kebetulan didukung dengan template yang baik dari 1 desainer template saja yang kemudian saya perbaiki "markup" atau struktur data template nya sehingga google "search engine" sanggup dengan gampang membaca dan mengenali kedua situs tersebut.

Cara Agar Situs Mendapatkan Site Link

Metode usang mungkin memang tersedia fitur untuk mendapat navigasi site link pada webmaster Google Console, namun kini fitur tersebut sudah tidak ada alasannya pembaruan dari pihak google, kini yang tersedia pada Search Console > Search Appearance ialah "Structured Data, Rich Cards, Data Highlighter, HTML Improvements, Accelerated Mobile Pages" jadi satu-satu nya upaya yang sanggup kita lakukan untuk menciptakan / mendapat site link di hasil pencarian google adalah;
  1. Gunakan nama domain atau judul situs yang "unik" dan lebih pendek max 2 suku kata, hati-hati menentukan nama domain atau judul situs kekeliruan menentukan judul justru menciptakan situs kehilangan kesempatan mendapat sitelink "example: tutorial blogger" judul situs dengan keyword "tutorial blogger" akan mendapat kesulitan mendapat site link alasannya keyword tersebut sudah terkenal dan menempel pada tagging situs-situs terpopuler sebelum anda.
  2. Perbaiki markup (struktur data) template situs, Google akan membaca, mengenali dan menggolongkan situs berdasrkan markup, struktur data, dan tagging atau meta tag yang dipakai menyerupai meta keyword dan deskripsi. Berbeda dengan meta tag, markup struktur data bertujuan untuk memberitahukan organizer, author, navigasi, waktu dll sehingga google sanggup mengenali situs secara tepat.
  3. Buat konten yang bersifat informatif, konten situs yang informatif bermanfaat untuk mendapat kunjungan balik dari visitor sehingga menaikkan rating situs anda dari hal tersebut.
  4. Sumbit sitemap ke google console dan buat penyorot data (Data Highlighter) sitemap berfungsi untuk memperlihatkan alamat dan isi konten situs kepada perayap google sehingga memudahkan robot crawl (perayap) google menelusuri situs, sedangkan penyorot data merupakan rekaman jejak kinerja situs hampir sama dengan site link (link terkait) namun penyorot data atau data highlighter lebih ke penelusuran terkait.
Kesimpulan nya ialah sitelink ialah hadiah dari google kepada situs yang produktif dan informatif, belum ada metode yang terperinci untuk menciptakan site link situs namun site link bukan sekedar fenomena situs saja sebaiknya jangan terlalu pusing memikirkan sitelink, fokus saja ke membangun situs dan perbaiki struktur data situs sebaik mungkin dengan begitu situs kau nanti nya juga akan mendapat navigasi sitelink di hasil pencarian menyerupai google search, bing dan yahoo. Tips tambahan; berikan terusan penuh kepada perayap google dengan tidak mencekal/membatasi robot crawl untuk merayapi situs anda.

Demikian klarifikasi wacana site link di hasil pencarian, fungsi dan manfaat site link serta analisa sederhana wacana site link situs di hasil pencarian google, semoga bermanfaat dan good luck for you...! Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selesai....!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri - Situs blog yang terkenal tentu sudah memiki jumlah followers (pengikut) situs yang cukup banyak, ratusan atau mungkin ribuan followers. Taukah kau followers situs blogger yang gotong royong yaitu followers yang di sanggup dari feedburner atau lebih dikenal dengan istilah Follow by E-mail atau RSS Feed . Pertanyaan nya berapakah jumlah followers atau pengikut situs blog anda ketika ini? Untuk mengetahui nya mari kita simak cara melihat jumlah followers situs blogger yang diperoleh dari feedburner google (widget follow by e-mail) berikut ini; Cara Mengetahui Jumlah Pengikut RSS Feed Pertama Login ke Akun G-mail, kemudian Kunjungi laman Dashboard Feedburner Anda akan diarahkan ke dashboard RSS Feed (Laman kawasan melihat statistik dan jumlah followers situs blog) Seperti yang ditunjukkan pada pola berikut ini. Cara melihat atau mengetahui jumlah followers blog Keterangan : Gambar sebelah kiri mengatakan daftar feedburner situs

Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) - Excel

Membuat Time Shift atau jadwal kerja kariawan merupakan cuilan yang paling penting dalam menjalankan suatu perusahaan, di indonesia time shift kerja kariawan ada beberapa jenis diantaranya adalah, time shift mingguan, time shift bulanan, time shift untuk 3 shift dan 2 shift. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan template time shift kariawan dalam format microsoft excel yang sanggup di ubah-ubah sesuai aktivitas kerja dan nama kariawan perusahaan. Itu sebab-nya artikel kali ini berjudul " Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) dalam bentuk Excel ". Sebenar-nya cara buat time shift atau jadwal kerja kariawan dengan microsoft excel sangat mudah, terlebih lagi bagi staf office perkantoran tentu saca sudah mengerti betul cara menciptakan time shift (jadwal kerja kariawan) kerena pada umum nya staf office tentu menguasai semua teknik komputer kusus nya ''Office Templates" . Namun tentu saja akan memakan waktu jikalau harus menciptakan dan mera

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template - Ijonkz white & dark yang akan aku bagikan ini merupakan template premium untuk platform blogger, template ini sebelum nya yaitu template ijonkz v1.3 karya mkrdezign  yang di pasarkan di themeforest seharga $21 namun yang membedakan nya yaitu penambahan widget follow by email di cuilan halaman depan dan sedikit perubahan pada css sajian navigasi, mobilemenu, font serta perbaikan pada pagenavi dan struktur data template. Ijonkz white & dark tampil dengan style simple dan higienis (clean) sehingga lebih ramah di mata pengunjung situs yang memakai template Ijonkz white & dark ini. Perpaduan warna putih dan dark menimbulkan tampilan template ini lebih simple & clean serta gagah dan mewah. Template re-desain Ijonkz white & dark ini tidak diperjual belikan dan sanggup kau download secara gratis. Sentuhan penambahan css yang ramah pada template ini tidak mengurangi fitur dari versi original ijonkz v1.3 dan mening