Skip to main content

Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Perjuangan (Skdu)

Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Usaha  Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Cara Mengusrus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Apa itu surat domisili usaha? sama hal-nya dengan orang, sebuah usah juga mempunyai kawasan menjalankan usaha. Baik itu perjuangan kecil kecil menengah (UKM) maupun perjuangan yang mempunyai tubuh aturan menyerupai PT dan CV diharuskan memiliki SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). Adapun yang termasuk digolongkan kepada perjuangan kecil menengah (UKM) adalah UKM perjuangan yang mempunyai kekayaan higienis maksimal Rp200.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan kawasan usaha.

Apa Manfaat Surat Domisili Usaha?
  1. Memudahkan juga dalam mengurus SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan).
  2. Dengan adanya SKDU juga akan mempermudah dalam mendaftarkan perusahaan atau perjuangan anda secara legal.
  3. Kelengkapan syarat ajakan nomor PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah), label halal MUI dan sertifikasi SNI
  4. Pembuatan NPWP (Nomor Pengenal Wajib Pajak) juga akan lebih mudah.
  5. Dengan adanya SKDU maka mempermudah anda untuk melaksanakan sumbangan kredit di Bank, sebab Bank akan lebih percaya bahwa anda mempunyai usaha, dibuktikan dengan adanya SKDU tersebut.
  6. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang sanggup didapat, Mengurus SKDU merupakan suatu upaya untuk memajukan bisnis (usaha) anda.
Berapakah Biaya Pengurusan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Pada dasar-nya pengurusan surat domisili perjuangan tidak dipungut biaya (Geratis), namun mungkin kau akan diminta biaya manajemen saja secara suka rela.

Syarat-syarat Mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
  1. Melampirkan Kartu identitas (KTP) orisinil dan foto copy pemilik dari perjuangan tersebut
  2. Melampirkan Kartu keluarga (KK) pemilik perjuangan dalam bentuk orisinil dan foto copy
  3. Surat pengantar dari bapak RT dan RW setempat
  4. Surat pernyataan dari tetangga wacana ketidak beratan adanya perjuangan tersebut, minimal 4 orang tetangga, ditambah dengan fotocopy KTP masing- masing tetangga
  5. Akta pendirian UKM dari notaries (foto copy)
  6. Surat kuasa kalau diurus oleh orang lain
  7. Surat bukti tanah kepemilikan sendiri kalau kawasan perjuangan milik sendiri atau surat pernyataan sewa-menyewa kalau perjuangan dibangun dari kawasan sewa
Langkah- langkah Mengurus (Membuat) SKDU

Setelah memnuhi beberapa syarat di atas,tata cara pengurusan (langkah-langkah) yang harus dilakukan untuk proses pengurusan surat domisili perjuangan yakni sebagai berikut.

1. Minta Surat Pengantar dari RT/RW

Datang ke RT setempat(tempat perjuangan anda beroperasi) untuk meminta dibuatkan Surat Pengantar yang menyatakan bahwa perjuangan anda benar-benar berada di lingkungan tersebut

2. Datang ke Kantor Kelurahan

Bawa Surat Pengantar RT/RW dan berkas persyaratan yang telah disiapkan, lalu tiba ke Kantor Kelurahan atau Kantor Kepala Desa setingkat Kelurahan setempat. Masuk ke ruang isu memintalah formulir permohonan SKDU ke petugas kelurahan yang lalu isi dengan benar dan Lengkap.

Biasa-nya SKDU diterbitkan oleh Kantor Kelurahan, sementara di wilayah lain ada yang mengharuskan pengajuan permohonan untuk melanjutkan ke kantor Kecamatan. Jika demikian, maka sesudah SKDU dikeluarkan oleh Kelurahan, anda masih perlu ke Kantor Kecamatan untuk meminta legalisasi atau tanda tangan Camat.

3. Pengambilan SKDU

Proses pembuatannya berbeda-beda, sanggup satu hari sampai sekitar satu minggu, tergantung wilaya masing-masing. SKDU sanggup diambil di Kantor Kelurahan atau Kecamatan kawasan anda mengurus SKDU.

4. Biaya Pembuatan SKDU untuk UKM

Sama menyerupai klarifikasi diatas proses pembuatan SKDU untuk UKM ini tidak ada biaya resminya, namun setiap tahapan proses anda perlu mempersiapkan biayanya sebab biasanya anda akan diminta untuk mengisi uang kas, baik secara sukarela maupun dalam jumlah tertentu.

Demikian klarifikasi wacana tata cara pengurusan surat domisili perjuangan tingkat perjuangan kecil menengah, untuk isu lebih lanjut datanglah kekantor lurah (kantor kepala desa) dan tanyakan pribadi pada receptionist atau petugas yang ada, kunjungi ruang isu sebab biasa-nya setiap kantor pemerintahan mempunyai ruang informasi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri - Situs blog yang terkenal tentu sudah memiki jumlah followers (pengikut) situs yang cukup banyak, ratusan atau mungkin ribuan followers. Taukah kau followers situs blogger yang gotong royong yaitu followers yang di sanggup dari feedburner atau lebih dikenal dengan istilah Follow by E-mail atau RSS Feed . Pertanyaan nya berapakah jumlah followers atau pengikut situs blog anda ketika ini? Untuk mengetahui nya mari kita simak cara melihat jumlah followers situs blogger yang diperoleh dari feedburner google (widget follow by e-mail) berikut ini; Cara Mengetahui Jumlah Pengikut RSS Feed Pertama Login ke Akun G-mail, kemudian Kunjungi laman Dashboard Feedburner Anda akan diarahkan ke dashboard RSS Feed (Laman kawasan melihat statistik dan jumlah followers situs blog) Seperti yang ditunjukkan pada pola berikut ini. Cara melihat atau mengetahui jumlah followers blog Keterangan : Gambar sebelah kiri mengatakan daftar feedburner situs

Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) - Excel

Membuat Time Shift atau jadwal kerja kariawan merupakan cuilan yang paling penting dalam menjalankan suatu perusahaan, di indonesia time shift kerja kariawan ada beberapa jenis diantaranya adalah, time shift mingguan, time shift bulanan, time shift untuk 3 shift dan 2 shift. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan template time shift kariawan dalam format microsoft excel yang sanggup di ubah-ubah sesuai aktivitas kerja dan nama kariawan perusahaan. Itu sebab-nya artikel kali ini berjudul " Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) dalam bentuk Excel ". Sebenar-nya cara buat time shift atau jadwal kerja kariawan dengan microsoft excel sangat mudah, terlebih lagi bagi staf office perkantoran tentu saca sudah mengerti betul cara menciptakan time shift (jadwal kerja kariawan) kerena pada umum nya staf office tentu menguasai semua teknik komputer kusus nya ''Office Templates" . Namun tentu saja akan memakan waktu jikalau harus menciptakan dan mera

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template - Ijonkz white & dark yang akan aku bagikan ini merupakan template premium untuk platform blogger, template ini sebelum nya yaitu template ijonkz v1.3 karya mkrdezign  yang di pasarkan di themeforest seharga $21 namun yang membedakan nya yaitu penambahan widget follow by email di cuilan halaman depan dan sedikit perubahan pada css sajian navigasi, mobilemenu, font serta perbaikan pada pagenavi dan struktur data template. Ijonkz white & dark tampil dengan style simple dan higienis (clean) sehingga lebih ramah di mata pengunjung situs yang memakai template Ijonkz white & dark ini. Perpaduan warna putih dan dark menimbulkan tampilan template ini lebih simple & clean serta gagah dan mewah. Template re-desain Ijonkz white & dark ini tidak diperjual belikan dan sanggup kau download secara gratis. Sentuhan penambahan css yang ramah pada template ini tidak mengurangi fitur dari versi original ijonkz v1.3 dan mening