Skip to main content

Cara Menambah Kolom Widget Di Blog (Template)

Tutorial blogger "cara menambah 1 kolom widget" atau " 1 kolom gadget" ibarat ini sudah usang beredar di internet, namun aku ingin menciptakan sesuatu yang gres dengan sebuah pemahaman mengenai template blogger biar setiap orang dapat menciptakan atau menambah kolom widget gres pada template mereka. Ini sangat penting dipelajari alasannya yakni ini menyangkut keindahan atau ke praktisan sebuah desain web (situs blog) yang kita kelola.

Catatan: Setiap template umum-nya mempunyai 4 (empat) kolom (tata letak) dasar yaitu: Header, Main, Sidebar dan Footer. "Header" berarti kepala atas, "Main" berarti tubuh atau sentra letak artikel "Sidebar" artinya bilah samping dan "Footer" artinya kaki (Bilah bawah).


Selain dari empat bab tersebut kita dapat menambahkan beberapa kolom widget suplemen contohnya 1 kolom disamping header untuk kawasan iklan atau menambahkan kolom widget dibawah header biasa disebut top featured, 2 kolom atau 1 kolom. Kemudian membagi sidebar menjadi tiga bab (3 kolom) dan dapat juga menambahkan beberapa kolom widget di bawah tubuh "main" Nah, sedangkan widget merupakan isi dari semua bab "kolom-kolom" tersebut.

Kode HTML Dasar Kolom Widget
<div id='topfeatured-area'>
    <b:section class='homepost' id='top-featured' preferred='yes'/>
    </div>
Kode diatas merupakan instruksi html untuk menciptakan atau menambah kolom widget (gadget), jikalau template blog kau mengunakan tag <div id=''>. Tetapi jikalau template kau memakai tag <div class=''> maka lebih baik ikuti struktur template kau saja dengan menambahkan instruksi tag html kolom widget gres ibarat instruksi dibawah ini.
<div class='topfeatured-area'>
  <b:section class='homepost' id='top-featured' preferred='yes'>
</div>
Kedua instruksi html di atas merupakan instruksi paling dasar untuk menambah 1 kolom widget baru, memang itu sudah sangat cukup untuk menciptakan sebuah kolom widget tambahan, namun jikalau kau berencana banyak memakai css maka instruksi tag html kolom widget gres dapat di tambahkan dengan memasang instruksi dibawah ini.
<div class='topfeatured-area'>
<div class='wrap'>
  <b:section class='homepost' id='top-featured' preferred='yes'>
</div>
</div>
Nah, kini dimana instruksi tag html "kolom widget" ini dapat diletakkan? kede tersebut dapat di pasang/diletakkan dimana saja didalam template kau asalkan ditempatkan di bawah epilog header </header> atau div epilog yaitu </div>.
 ibarat ini sudah usang beredar di internet Cara Menambah Kolom Widget di Blog (Template)
Klik Template > Edit Html > Lompat Ke Widget > Pilih Header1
 ibarat ini sudah usang beredar di internet Cara Menambah Kolom Widget di Blog (Template)
Contoh Menambahkan Tag Html "kolom widget baru" di bawah </header> Penutup
Namun harus diingat, menambahkan tag html kolom wigdet gres di bawah </header> epilog tidak selama-nya berhasil. Karena biasa-nya di bawah header epilog sudah disisipkan element lain ibarat Dropdown Menu, Search Box atau Newsticker. Maka untuk untuk menambahkan kolom widget gres kita harus mencari tag </div> epilog dari 3 element tersebut. Sebagai teladan lihat gambar dibawah ini.
 ibarat ini sudah usang beredar di internet Cara Menambah Kolom Widget di Blog (Template)
Zoom Gambar: Ini teladan "menambah kolom widget" di bawah tag div penutup
Meski instruksi tag html "kolom widget baru" ditambahkan di bawah tag div penutup, posisi kolom widget/gadget tetap berada di bawah header sempurna nya di bawah sajian dan di atas main atau body. Klick save dan lihat pertinjau tata letak . Untuk memastikan bahwa kau telah berhasil menambahkan 1 kolom widget dibawah header.

Langkah terakhir yakni merapikan posisi tata letak widget dengan style css. Tambahkan css berikut ini sempurna di atas kode ]]></b:skin>.
#topfeatured-area{width:100%;margin:10px}
body#layout #top-featured .wrap{width:auto;float:left;padding:10px;}
Nah demikian cara menambahkan kolom widget gres di bawah header, sebagai klarifikasi suplemen kau dapat menambah kolom widget dimana saja yang kau mau jikalau sudah paham, bahkan kau dapat menciptakan sidebar menjadi 3 bagian. Menambah widget di bawah main (body). Catatan: jangan terfokus pada topfeatured-area dan top-featured itu merupakan id element saja, kau dapat mengganti-nya dengan nama lain. Jika didalam template sudah ada "id" top-featured maka instruksi tidak dapat di simpan kedalam template, kau harus mengganti topfeatured-area dengan nama yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri

Cara Melihat Jumlah Followers Blog Sendiri - Situs blog yang terkenal tentu sudah memiki jumlah followers (pengikut) situs yang cukup banyak, ratusan atau mungkin ribuan followers. Taukah kau followers situs blogger yang gotong royong yaitu followers yang di sanggup dari feedburner atau lebih dikenal dengan istilah Follow by E-mail atau RSS Feed . Pertanyaan nya berapakah jumlah followers atau pengikut situs blog anda ketika ini? Untuk mengetahui nya mari kita simak cara melihat jumlah followers situs blogger yang diperoleh dari feedburner google (widget follow by e-mail) berikut ini; Cara Mengetahui Jumlah Pengikut RSS Feed Pertama Login ke Akun G-mail, kemudian Kunjungi laman Dashboard Feedburner Anda akan diarahkan ke dashboard RSS Feed (Laman kawasan melihat statistik dan jumlah followers situs blog) Seperti yang ditunjukkan pada pola berikut ini. Cara melihat atau mengetahui jumlah followers blog Keterangan : Gambar sebelah kiri mengatakan daftar feedburner situs

Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) - Excel

Membuat Time Shift atau jadwal kerja kariawan merupakan cuilan yang paling penting dalam menjalankan suatu perusahaan, di indonesia time shift kerja kariawan ada beberapa jenis diantaranya adalah, time shift mingguan, time shift bulanan, time shift untuk 3 shift dan 2 shift. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan template time shift kariawan dalam format microsoft excel yang sanggup di ubah-ubah sesuai aktivitas kerja dan nama kariawan perusahaan. Itu sebab-nya artikel kali ini berjudul " Download Time Shift (Jadwal Kerja Kariawan) dalam bentuk Excel ". Sebenar-nya cara buat time shift atau jadwal kerja kariawan dengan microsoft excel sangat mudah, terlebih lagi bagi staf office perkantoran tentu saca sudah mengerti betul cara menciptakan time shift (jadwal kerja kariawan) kerena pada umum nya staf office tentu menguasai semua teknik komputer kusus nya ''Office Templates" . Namun tentu saja akan memakan waktu jikalau harus menciptakan dan mera

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template

Ijonkz White & Dark Responsive Blogger Template - Ijonkz white & dark yang akan aku bagikan ini merupakan template premium untuk platform blogger, template ini sebelum nya yaitu template ijonkz v1.3 karya mkrdezign  yang di pasarkan di themeforest seharga $21 namun yang membedakan nya yaitu penambahan widget follow by email di cuilan halaman depan dan sedikit perubahan pada css sajian navigasi, mobilemenu, font serta perbaikan pada pagenavi dan struktur data template. Ijonkz white & dark tampil dengan style simple dan higienis (clean) sehingga lebih ramah di mata pengunjung situs yang memakai template Ijonkz white & dark ini. Perpaduan warna putih dan dark menimbulkan tampilan template ini lebih simple & clean serta gagah dan mewah. Template re-desain Ijonkz white & dark ini tidak diperjual belikan dan sanggup kau download secara gratis. Sentuhan penambahan css yang ramah pada template ini tidak mengurangi fitur dari versi original ijonkz v1.3 dan mening